Minggu, 12 April 2009

Gramedia 6 Key E-Business Strategic Decision Review

Well, tetap berkutat di e-business
mari kita review kembali kenapa sih perusahaan sekarang mau bergerak ke e-business

1.Meningkatkan efisiensi, tentu dengan web, cukup duduk didepan meja ga perlu repot2.
2.Pengurangan biaya, seperti penjelasan pada nomor 1
3.Tidak ada keterbatasan waktu dan jarak
4.Dengan e-business kita bisa memperluas jangkauan karena internet sifatnya internasional

Ada 6 Keys E-Business Strategic Decision:
  1. e-Business channel priorities
  2. Organizational restructuring and capabilities
  3. Business, service and revenue model
  4. Marketplace restructuring
  5. Market and product development strategies
  6. Positioning and differentiation strategies

Nah untuk lebih jelasnya, kita ambil contoh Www.Gramedia.Com
sapa sih yang ga tau gramedia di indonesia, mungkin orang mikirnya kalo nyari buku di gramedia ga ada maka ga ada lagi ditempat lain.
Gramedia tidak hanya menerbitkan buku, tapi juga menjual buku dari penerbit lain. Tidak hanya buku, gramedia juga menjual beberapa barang lain seperti alat olahraga, alat tulis peralatan kantor, tas, aksesoris dan lain-lain.

Seiring berkembangnya zaman, Gramedia mengembangkan sayapnya ke e-business dengan menciptakan website www.gramedia.com dimana pembeli bisa membeli buku lewat website tanpa perlu datang ke toko buku. Tentu incaran gramedia adalah orang-orang sibuk yang jarang ada waktu untuk datang ke toko buku.

Mari kita review Six Strategy Definition Choices :

1. e-Business channel priorities
Link prosedur pembelian buku pada Gramedia : http://www.gramediaonline.com/cara/shop_way.cfm
Pada saat ini www.gramedia.com berada dalam fase brick and click. Setelah melakukan registrasi, pelanggan dapat melakukan pemesanan buku sesuai dengan yang diinginkan.
Yaa memang kepercayaan sistem pembelian online belum berjalan di Indonesia sehingga tidak pure click buy antar, tapi masih ada konfirmasi dll dll secara fisik. Entah kapan ya bisa seperti Amazon.com

2. Organizational restructuring and capabilities
Tentu harus ada divisi khusus yang menghandle gramedia.com, ya merupakan additional cost dan additional asset namun dilihat dari benefitnya masih memungkinkan.
Selain itu harus ada integrasi antara divisi online dengan toko buku agar informasi yang tersedia sama.

3. Business, service and revenue model
Business Model nya adalah pembelian secara online langsung dari website

Service Model adalah adanya delivery dari pembelian yang dilakukan oleh pembeli

Revenue Model adalah gramedia mendapatkan pendapatan langsung dari pembelian buku via transfer

4. Marketplace restructuring
Gramedia tidak perlu menrestruktur ulang marketplacenya, karena website ini lebih ke masyarakat yang enggan / tidak ada waktu untuk datang ke toko buku. Lumayan lah menambah jangkauan dan revenue

5. Market and product development strategies
Market development strategies dari gramedia adalah menjangkau segmen - segmen yang sekiranya tidak bisa dijangkau oleh mereka. Misalnya eksekutif yang sibuk setiap hari namun suka membaca buku, ataupun ibu-ibu rumah tangga.

Product development strategies gramedia saat ini hanya pada penjualan buku, sebaiknya gramedia memasukkan produk-produk lain disana. Selain itu, gunakan sistem favourite, recommended books, dan additional feature agar semakin menarik orang untuk menggunakan website ini

6. Positioning and differentiation strategies
Ada 4 pilihan strategy :
  1. Product performance excellence
  2. Price performance excellence
  3. Transactional excellence
  4. Relationship excellence
Gramedia menjalankan transactional excellence dimana customer bisa mendapat kepuasan transaksi yang maksimal. Ga perlu repot-repot dateng ke toko buku. Cukup pesan, transfer, dan dapatkan bukunya. Memang masih ada kekurangan pada sistem gramedia, karena masih memerlukan konfirm secara fisik. Namun kedepannya diharapkan sistem pembelian dipermudah sehingga customer tidak perlu menunggu lama.


Sekian review mengenai 6 strategy definition choices dari gramedia.com
Sekiranya berguna bagi yang lain. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar