Senin, 18 Mei 2009

Benefits and Disadvantages of Personalization, Community Building, and Direct-Email

Well hello guys
Back again with me SvN (lho?)

yap today kita akan membahas keuntungan dan kerugian dari beberapa tools e-marketing antara lain : Personalization, community building, dan direct email

Mari kita perjelas satu persatu

A.Personalization : Memberikan content yang individual ato custom melalui email ataupun web pages
Disini artinya setiap orang akan mendapatkan halaman yang berbeda pada setiap tampilan mereka masing-masing.

Kelebihan dari personalization ini adalah
1.Nilai kompetitif bagi customer karena mereka diberikan pelayanan secara ekslusif dan tepat dengan kebutuhan mereka

2.Informasi yang diberikan kepada customer lebih tepat karena sesuai dengan kebutuhan masing-masing

3.Mengurangi proses-proses yang ada karena tindakan yang dilakukan kepada customer sesuai dengan keinginan mereka personal


Selain kelebihan ada kekurangan dari cara ini antara lain:
1.Tentu biaya lebih mahal dibandingkan konten static


B.Community BUilding : Customer disini berinteraksi dengan customer yang lain dalam suatu kelompok, baik group Email ataupun forum diskusi pada website

Kelebihan Community BUilding antara lain :
1.Efektif karena kita dapat menjangkau lebih banyak customer yang punya kemiripan dalam satu waktu

2.Customer cenderung lebih terbuka dan welcome dengan sekumpulan orang yang punya minat dan hobi yang sama dengan mereka, dibandingkan dengan perusahaan

Kekurangan dari tools ini adalah :
1.Terkadang arah yang kita mau bisa lari kemana-mana, tentu diperlukan seseorang untuk menjaga arah dari komunitas


C.Direct Email : Email yang dirancang oleh perusahaan lalu disebar luaskan ke target-target mereka

Kelebihan tools ini adalah :
1.Customer cenderung lebih gampang untuk mengecek email yang masuk dibandingkan dengan mengecek forum-forum ataupun site-site apalagi dengan teknologi pada gadget yang memudahkan customer untuk mengecek email

2.Mudah dan simple, tidak perlu repot-repot untuk menggunakan tools ini

Kekurangan tools ini adalah :
1.Email seperti ini cenderung dianggap mengganggu (SPam), nah akan lebih baik bila menggunakan permission marketing yaitu meminta izin dolo sebelum mengirimkan direct email


Dah jelaskah perbedaan diatas??
Simplenya itu yaaa

1.Personal (custom)
2.Sekumpulan personal (minat n hobi yang sama)
3.Targeted (ga custom)

Mana yang lebih baik?
kita ga bisa tentuin banyak faktor-faktor yang menjadi penentu

Sekian semoga bisa bermanfaat bagi semuanya
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar